Ikan Semah, Makanan Raja-raja Borneo

Iikan khas borneo, kan paling enak, ikan termahal, Ikan Borneo
Ikan Semah
Ikan tersehat yang harus anda makan saat di Borneo

Jika anda traveling ke pulau Borneo, salah satu yang jangan sampai anda lewatkan, yaitu adalah mencicipi kuliner ikan Semah, yang disebut sebagai makanan Raja-raja di Borneo. Mengapa? karena rasanya yang tidak saja lezat tetapi juga sagat mahal harganya.
 

Meski ikan air tawar anggota genus Tor (Tor spp., syn. Labeobarbus, suku Cyprinidae) ini juga bisa ditemukan di beberapa wilayah Asia Selatan termasuk Semenanjung India dan Pakistan, tapi penduduk pulau Borneo telah menjadikan ikan ini merupakan ikan favorit dan dikonsumsi sejak zaman nenek moyang mereka.  


Karena kelezatannya itu, dimasak dengan cara apa pun ia tetap enak. Bahkan jika hanya dibakar atau dipanggang di atas bara api, saat anda piknik di hutan.


Sayangnya sejak 10 tahun terakhir ikan semah sudah semakin langka di pulau Borneo. Selain karena ia menjadi top rating ikan konsumsi paling dicari di beberapa negara, juga karena habitat aslinya, yaitu sungai-sungai berbatu di dalam rimba-riba Borneo yang menyimpan misteri dan kekayaan telah dirusak karena ekspansi perkebunan kelapa sawit atau tabang bersekala besar.


Untuk saat ini, ikan semah masih bisa anda temukan di kawasan Heart of Borneo (HoB), khususnya di desa-desa orang Dayak yang berada di sekitar  kawasan Taman Nasional Betung Karihun.

Beberapa warga setempat juga sudah berinisiatif membudidayakan ikan tersebut untuk dipasarkan ke restoran-restoran di Kota Putusibau, Kaupaten Kapuas Hulu atau ke Kota Kuching, Malaysia Timur.

Nah, untuk anda yang ingin menyantap ikan ini direstoran-restoran di Malaysia, setidaknya harus merogoh dompet anda lebih dalam. Karena satu kilogram ikan Semah ini dijual dengan harga antara RM350 hingga RM550.




Karena itulah ikan ini disebut makanan raja, sebab hanya orang-orang kaya dan raja saja yang bisa menikmatinya tiap hari.


Sebagai bonus untuk pembaca yang hobi memasak saat traveling  serta ingin mencicipi kelezatan ikan semah masakan anda sendiri, silahkan mencoba resep special Travel Lemon di bawah ini. Nama masakannya adalah Gulai ikan semah. 


Bahan:
I
Bawang merah, bawang putih, Kemiri, Ketumbar, Lengkuas, Kunyit, Cabai, Ketumbar, sereh, dan digiling halus

II
Santan, daun jeruk, Garam, Gula, Lada halus, Daun salam, secukupnya

Cara membuatnya:
Bersihkan ikan. Sisik jangan di buang. Tumis bumbu I sampai harum
Setelah itu masukan santan, garam, gula, ikan dan daun jeruk (bumbu II). Masak perlahan dengan api kecil sampai masak.

Ohya, ikan jangan digoreng karena akan menghilangkan minyak ikan semah yang membuat ikan ini sedap.

Sisik yang tidak dibuang tadi direndam dengan air perasan jeruk supaya tidak amis, tambahkan garam atau bumbu/tepung penyedap. Lalu goring, maka anda akan mendapat tambahan menu kerupuk dari sisik ikan Semah.


Selamat mencoba!
LihatTutupKomentar
Cancel